AD (728x90)

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Arsip Blog

Blog Archive

Jumat, 09 Oktober 2015

Tutorial Photoshop Pop Art Style

Share it Please

Efek Andy-Warholl Pop Art Style


Publish: 25 Juni 2013 | Author & Copyright: Johan | Status: Photo Effect
Salam Desain Grafis! jumpa kembali bersama saya dalam tutorial Photoshop Pop Arts. Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat efek Pop Arts pada foto bergaya Andy-Warholl. ok dalam menambah wawasan dan pengetahuan anda, saya akan sedikit menjelasakan, Apakah itu Andy Warholl, Siapakah dia?
Andy Warhol
Andy Warhol (6 Agustus 1928 - 22 Februari 1987) adalah seorang seniman Amerika yang adalah seorang tokoh terkemuka dalam gerakan seni rupa yang dikenal sebagai seni pop art. Karya-karyanya mengeksplorasi hubungan antara ekspresi seni, budaya selebriti dan iklan yang berkembang pada 1960-an. Setelah karir yang sukses sebagai ilustrator komersial, Warhol menjadi artis terkenal dan kadang-kadang kontroversial. The Andy Warhol Museum di kota asalnya, Pittsburgh, Pennsylvania, memegang koleksi permanen yang luas seni dan arsip. Ini adalah museum terbesar di Amerika Serikat yang didedikasikan untuk satu seniman. (sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Andy_Warhol )
Ok kita mulai saja tutorial Pop Art ala Andi Warhol
1. Buka Program Photoshop, lalu masukkan (File > Open) foto yang akan kita edit. Disini saya menggunakan foto Bapak dari Microsoft : Mister Bill Gates
Bill Gates
Gambar : Bill Gates
Catatan : untuk mempergunakan gambar / file latihan di atas maka :Klik Gambar untuk memperbesar foto / image , klik kanan lalu tekan save image.
2. Ok sekarang kita hapus backgroundnya, ada banyak cara menghapus background misalnya dengan Magic Eraser Tool, Atau dengan Memisahkan Background dengan Extract Tool, Memisahkan Background dengan Pen Tool. Kali ini karena backgroundnya tidak terlalu kompleks maka saya memilih Memisahkan background dengan Magic Eraser Tool.
Hasilnya seperti ini : Catatan : saya memakai "Tolerance = 9", agar jas Bill Gates tidak ikut terhapus.
Hasil Magic Eraser
Gambar : Hasil Magic Eraser Tool (Background Hilang)
3. Ok sekarang kita berikan sedikit penghapusan pada bagian Kemeja Pak Bill Gates, Kalian bisa menggunakan Eraser Tool atau jika sudah menguasai tehnik masking maka saya lebih merekomendasikan Tehnik Masking dengan Photoshop yang telah saya jelaskan di tutorial terdahulu.
Hasilnya :
Masking Photo
Gambar : Masking Photo
4. Tekan "Shift + Ctrl + U" (untuk merubah warna foto menjadi hitam putih)
Efek Desaturate
Gambar : Efek Desaturate
Anda juga bisa mengatur Brightness/Contrast... (Klik : Image >> Adjustments >> Brightness/Contrast ).
Secara tehnik tidak ada patokan / setting khusus, jadi intinya buatlah foto menjadi lebih dramatik. hehehe
Ok setelah itu klik Filter >> Artistic >> Cutout...
Cutout Setting
Gambar : Cutout Setting
Oh ya, Bersihkan bintik - bintik di sekitar telinga Object dengan Eraser Tool supaya sedikit rapi.
5. Ok sekarang warnai foto, caranya tekan "Ctrl + U"
Centang "Colorize", atur warna yang diinginkan
Colorize (Pewarnaan)
Gambar : Colorize (Pewarnaan)
6. Ok sekarang waktunya memberikan background yang kontras, biar lebih POP ARTS,
klik "Create a new layer" untuk mendapatkan layer baru (lihat panah paling bawah). Lalu setelah itu drag "layer 1" di pallete layer tersebut ke bagian bawah lalu warnai dengan "Paint Bucket Tool", kali ini saya mewarnai dengan kuning. Dimana Pallete Layer gan? waktunya belajar dari dasar : Lihat Layout Photoshop
Pop Arts
Gambar : Pop Arts
7. Ok sekarang waktunya menggroup, tekan dan tahan tombol Ctrl lalu klik layer 1 dan layer 0 untuk mendapatkan kedua layer kemudian tekan "Ctrl + G" , sehingga akan muncul "Group 1" di layer pallete.
Group Layer
Gambar : Group Layer
Catatan : Fasilitas ini belum ada di photoshop 7. Jadi kami sarankan untuk menggunakan Photoshop minimal CS3
Sekarang tekan Alt + Ctrl + C untuk mengatur besarnya kanvas kerja anda, disini saya kalikan 2 dari hasil yang muncul agar saya bisa mendapat 4 ruang bagi pop art saya nantinya.
Contoh : Jika disitu tertulis 300 px maka ubah jadi 600 px - berlaku untuk width dan height.
Ok sudah tahu kan maksud saya, setelah itu tekan OK.
Geser gambar ke tepi atas dengan Move Tool.
Setelah itu duplicate Group dengan cara klik kanak "Group 1" pada pallete layer lalu klik "Duplicate Group". Muncul window isilah dengan nama group, disini agar mudah saya namakan group 2
Duplicate Group
Gambar : Duplicate Group
Lakukan sebanyak 3 kali hingga akhirnya kita punya group 1 , group 2 , group 3 dan group 4.
Atur gambar sesuai petunjuk di bawah ini :
Atur dengan Move Tool. Group 1 taruh kiri atas, group 2 taruh / geser ke kanan atas. Group 3 kiri bawah, group 4 kanan bawah.
Group pop arts
Gambar : Group pop arts

Ok sekarang anda tinggal mewarnai backgroundnya, disini saya mencontohkan dengan mewarnai background group 2, caranya klik panah kecil dekat group untuk melihat isi dari group file lalu klik pada bagian Layer 1 Copy (background kuning). Ubah warnanya dengan cara Klik : "Layer >> Layer Style >> Color Overlay..." klik warna dan "Warnai biru"
pewarnaan background Group 2
Gambar : pewarnaan background Group 2
Sekarang waktunya mewarnai Pak Bill Gates, Untuk mewarnai object (Mister Bill Gates) maka anda bisa menggunakan cara pewarnaan sebelumnya yaitu klik / aktifkan (Layer 0 Copy) dari pak Bill Gates lalu Tekan "Ctrl + U", centang Colorize, atur warnanya sesuai keinginan. Settinglah semua group mulai group 2 hingga 4. Dan, Secara garis besar hasilnya adalah seperti ini :
Andy Warholl Style Pop Art
Gambar : Andy Warholl Style Pop Art
oke, mungkin cukup sekian sedikit posting dari saya, semoga bermanfaat.

artikel ini menyadur dari situs: http://www.ilmugrafis.com/photoshop_foto12.php?page=efek-andy-warholl-pop-art-style

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2013 Jendela Inspirasi . All rights resevered. Designed by Templateism